Definisi

iDM adalah sistem yang berfungsi sebagai alat pengukur untuk segmentasi, prediksi, cross selling dan scoring yang menghasilkan pemodelan data untuk kepentingan analisa. iDM adalah solusi terintegrasi yang dikembangkan oleh PT. Ganesha Cipta Informatika.

Latar Belakang

Dalam rangka memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat dan biaya operasional yang semakin meningkat sehingga diperlukan inovasi-inovasi baru dalam penyusunan strategi pemasaran. Pemanfaatan model statistic dan peramalan bisa mengurangi biaya, waktu, dan lebih tepat sasaran dalam pemasaran dan jasa.

Aplikasi analytical yang berkembang dewasa ini kebanyakan merupakan produk luar negeri sehingga penerapannya harus melalui proses kustomisasi yang cukup banyak dan memerlukan biaya yang tidak sedikit karena seluruh atau sebagian sumber dayanya diambil dari luar negeri.

Keunggulan

  • Kustomisasi, data, metode dan report yang dihasilkan dapat disesuaikan dengan proses bisnis perusahaaan.
  • Proses dan perhitungan yang dilakukan secara terbuka sehingga pengguna dapat melakukan validasi dengan mudah.
  • Aplikasi yang selalu ter-update dengan perkembangan ilmu analytical yang ada.
    Menggunakan sistem parameter yang memudahkan pengguna untuk mengubah konfigurasi tanpa melakukan pemrograman ulang / recoding.
    Thin client (web based) & multi user memudahkan akses oleh pengguna.
  • Pemantauan Perfomance terhadap hasil analisa yang telah diterapkan kepada nasabah / konsumen

Solusi dalam iDM

  • Clustering / Segmentasi
    Bertujuan untuk mengelompokan sejumlah data atau objek ke dalam beberapa cluster (group) sedemikian sehingga dalam tiap cluster akan berisi objek yang semirip mungkin dan antar cluster berisi objek yang memiliki perbedaan sebesar-besarnya.
  • Scoring
    Bertujuan untuk pengukuran yang dapat memberikan gambaran secara cepat tetapi menyeluruh mengenai nasabah / konsumen baik dari segi financial maupun segi non financial
  • Asosiasi
    Bertujuan untuk menghasilkan pemodelan yang mempelajari jika konsumen membeli produk/ jasa tertentu , konsumen tersebut akan cenderung membeli produk / jasa lain (produk atau jasa apa yang dibeli oleh konsumen secara bersamaan). Biasanya digunakan untuk cross selling.
  • Klasifikasi
    Bertujuan untuk memprediksi nilai dari sekelompok attribute terhadap satu target atribut (target class)

Pengembangan

  • Dapat dihubungkan dengan mudah pada datawarehouse yang sudah ada.
  • Dapat dihubungkan dengan sumber data eksternal lainnya misal file flat (excel, txt) dan sebagainya.
  • Hasil proses dapat dipublikasikan dengan mudah sesuai dengan infrastruktur yang sudah ada.
  • Otomatisasi proses.
  • Timeline 6 bulan

Arsitektur

  • Aplikasi terpusat berbasis web
  • Scalable 3 tier server environment: server web, server aplikasi, server database.

Spesifikasi Teknis

  • Web Application Server: Coldfusion Server v.9
  • Application Server: WPS (World Programming System)
  • Database Server: MS.SQL SERVER, Oracle , etc
iDM